Cerita Menarik Danau Kastoba Pulau Bawean


Cerita dongeng Danau Kastoba

cerita ini adalah cerita dari nenek moyang kami yng mengisahkan tentang terbentuknya danau kastoba
beginilah ceritanya.

Dahulu beberapa abat yang laulu ada pulau manjati (pulau bawean) yang di kuasai ratu jin,semua mahkluk yang ada di situ tunduk padanya, ratu jin penguasa pulau menjati itu sangat tersohor dan di segani oleh raja dan ratu jin pada saat itu, karna dia memiliki pohon sakti yang di sebut dengan pohon kastoba.

pada suatu hari sang ratu memerintahkan pada pengawal kepercayaannya untuk memanggil dua ekor burung gagak yaitu si jantan dan sibetina untuk menghadap ratu, ketika kedua burung itu menghadap ratu, sang ratu berkata"wahai gagak kalian aku akan beri tugas yang amat berat, apa kalian sanggup ?" kedua gagak dengan semangat tersebut menjawab"  kami sangat siap ratu" dengan raut wajah mereka sanga bergembira karna di percaya oleh sang ratu. "bagus memang hanya kalian yang aku percaya untuk mengemban amanat ini, karna kalianlah yang selalu sukses melaksanakan tugas dariku walaupun seberat apapun". "dengan senang hati tapi apa gerangan tugas tersebut wahai sang ratu?" tanya sang gagak jantan dengan penasaran:. " tapi kalian harus bersumpah untuk menjaga rahasia ini dan tidak membocorkan kepada siapapun,kalian sanggup? ucap si ratu jin. "nyawa kami menjadi taruhannya gusti ratu"

setelah mendengar janji dua gagak itu sang ratu mengambil nafas dala-dalam dan mlailah saung ratu berkata " kalian tau kalo kerajaaan kita memiliki pahon yang sanganat ajaib, pohon itu tumbuh di tengah-tengah kerajaan ini, karna keajaiban pohon itulah kerajaan kita ini de segani oleh para kerajaan-kerajaan lain." kedua gagak itu termangut-mangut mendengar perkataan sang ratu, kedua gagak itu berkata " lalu ratu apa ke nama dan ajaiban pohon itu?"

" nama pohon itu adalah pohan kastoba dan akar, batang, ranting berguna sebagai penangkal bencana alam dan bencana yang lain. Dan yang paling hebat adalah daunnya dengan sehelai daun saja bisa mengobati berbagai macam penyakit,dan tidak kalah hebat dengan bunga pohon ini dapat membuat kebal pemiliknya" jelas papar ratu dengan panjang lebar.

Bawean Foundation

"waah hebuuuat banget pohon itu gusti ratu" ucap kedua gagak,
" tugas kalian menjaga baik-baik pohon itu dan jangan satupun mahluk asing yang mendekati apalagi mengetahui kesaktian pohon itu mengerti?" tegas siratu jin dengan wibawa.
"sendiko gusti ratu!" setelah itu kedua gagak kepercayaan ratu jin pulau menjati berangkat untuk menunaikan tugas berat yang di bebankanya, namun mereka tidak hanya berdua ratu jin juga memerintahkan para jin untuk membantu kedua gagak tersebut mrnjaga pohon kastoba.

mulai hari itu kedu gagak dan jin pilihan sang ratu menjaga pohon kastoba siang malam tampa henti, semuanya berjalan dengan sempurna akan tetapi kelemahan kedua gagak tersebut tidak bisa menahan omongan saat becanda bahkan mereka sempat mengobrolkan rahasia kerajaan tersebut.
pada suatu hari di musim kemarau yang panjang, matahari bersinar dengan teriknya seakan akan panasya membakar semua penghuni bumi, ada seorang kakek tua rentah berjalan tertatih-tatih dengan tongkat kayunya menuju pohon kramat kerajaan jin tersebut, di sekujur tubuh kakek tersebut terdapat benjolan-benjolan kecil bernanah, matanya butan dan beruban karna saking tuanya.
akhirnya kakek tersebut sampailah di bawah pohon kastoba yang di jaga ketat oleh kedua gagak dan jin pilihan sang ratu, kakek itu memantapkan hatinya untuk memulai bertapa di bawah pohon kastoba. karna menuruntnya tempat itu sangat cocok untuk bertapa menunggu wangsit dari langit mengenai pengobatan matanya yang buta.
hari demi hari saat sikakek bersemedi secara tidak sengaja kakek tersebut mendengarkan sebuah percakapan dari sekitar pohon tempat ia semedi, pendengaran kakekpun  masih sangat tajam, karna penasara sang kakek mengerahkan segala kemampuannya untuk mendengarkan  perbincangan tersebut yang mengusik semedinya.
 akhirnya sang kakek mengetahui dengan jelas bahwa suara yang terdengar berasal dari tangkai pohon yang ada di atas tempat dia bersemedi.
" weh weh weh.... liat tu kakek kciiiiaaan bangeetyaa?" kata si jantan
"memangnya kenapa?" tanya si betina
" coba kamu lihat kake itu matanya buta dan aku yakin kalaukebutaanya sudah sangat lama." "trus hubungannya dengan kita apa?" tanya sibetina.
si jantan menjelaskan " andai saja dia mengetahu kehebatn pohon yang kita jaga ini , pasti kebuttaan yang ia deritanya akan sembuh dan semua penyakitnya jg akan sembuh."
" ia juga ciihh padahal hanya dengan sehelai daun saja ia bisa menyembuhkan kebutaannya" tambah sibetina.
mendengar percakapan gagak tersebut sikakek tambah penasaran
ketika kake sedang menimba-nimba tentang kebenaran percakapan kedua hewan tersebut, tiba -tiba terdengarlah perkataan kedua gagak itu.
" goblok juga si kake itu" papar sibetina
" loh ko bisa, emag knapa?" tanya si jantan
"bertahun-tahun dia mencari obat untuk menymbuhkan matanya ayng buta tapi setelah sampai disini dia hanya dian saja" ujar si betina,akhirnya si jantan menyadari bahwa dia terlalu banyak membicarakan tentang rahasia kerajaan yang menjadi amanatnya,sijantan mempringatkan si betina untuk tidak melanjutkan percakapanya. lalu kedua burung tersebut terdiam.
sementara sang kakek itu semakin penasaran dan dia memutuskan untukmembuktikan kebenaran isi percakapan kedua burung gagak yang baru saja dia dengar,
kakek buta itu berdiri dan memetik sehelai daun pohon kastoba yang berjuntai di atas kepalanya.
Di teteskanlah getah yang keluar dari gagan daun ke kedua maanya, setelah itu sangkakek terkesima dan seakan tidak percayakarna kedua matanya dapat melihat kembali dan di ambilnya lagi beberapa helai untuk mengobati beberapa penyakit yang iaa derita selama ini.
setelah semua penyakitnya sembuk si kakek berteriak sekeras-kerasnya, " wahai burung gagaaaak,,,,, terimakasiiiiih yyyaaaa !" suaranya membahana dan memecah keheningan hutan di sekelilingnya. " aku kini sudah bisa melihat kembali itu semua berkat saranmuu...!" teriak kakek itu.
mendengar teriakan si kake kedua burung itu terkejut, rupanay mereka menyadari bahwa percakapannya telah didengar dan di mengerti oleh sikakek. kejadian itu sampai jauhlah ketelinga si Ratu jin, dia menjadi sangat marah dan murka , wajahnya memerah pandangannya menyala-nyala, giginya menerutup dan tangannya mengepal, rupanya dia tidak mampu menahan amaranya. Dalam marahnya si Ratu berpikir bahwa kerajaannya telah terancam, karna pohon kastoba yang menjadi simbol kekuatan dan kejayaannya sekarang rahasianya telah terbuka akhirnya denga kekutan yang luar biasa, dia cabut pohon kastoba dan di lemparkannya jauh-jauh.

Pohon kastoba itu melayang-layang di angkasa dan akhirnyajatuh dan menghilang di dasar laut. ratu jin juga menghukum kedua gagak tersbut yang telah gagal mengemban tugas darinya, keduanya di usir dari pulau menjati dan tidak hanya keduanya yang menerima hukuman tetapi juga semua bangsa gagak selamanya tidak boleh tinggal di pulau menjati
sedangkan bekas di cabutnya pohon tersebut terus mengeluarkan air,sehingga akhirnya menjadi sebuah telaga atau sebuah danau yang baru ada setelah dicabutnya pohon kastoba itu dan saat ini danau tersebut dikenal sebagai DANAU KASTOBA

Baca Juga Ya
Harga Dan Spesifikasi Kamera Dslr Canon Eos 100D
Harga Dan Spesifikasi Kamera Dslr Canon Eos 650D
Harga Dan Spesifikasi Kamera Dslr Canon Eos 700D
Harga Dan Spesifikasi Kamera Dslr Canon Eos 750D
Harga Dan Spesifikasi Kamera Dslr Canon Eos 760D
Harga Dan Spesifikasi Kamera Dslr Canon Eos 60D
Harga Dan Spesifikasi Kamera Dslr Canon Eos 60Da
Tips Membuat Foto Makro Nampak Keren

No comments:

Post a Comment